4 Nutrisi Agar Otak Anak Cerdas yang Harus Bunda Penuhi

Sebagai orang tua, memenuhi nutrisi si buah hati memang sudah merupakan kewajiban. Orang tua harus tau apa saja nutrisi yang dibutuhkan si kecil, termasuk nutrisi agar otak anak cerdas. Adalah suatu dambaan bagi setiap orang tua, ketika nantinya anak tumbuh menjadi anak yang cerdas dan pintar.

Anak Cerdas

Anak Cerdas

Ada beberapa fase pada anak, yang dalam fase tersebut tubuh si kecil membutuhkan beberapa asupan nutrisi untuk menunjang pertumbuhannya. Simak selengkapnya pada uraian dibawah ini.

Beberapa Kebutuhan Nutrisi Agar Otak Anak Cerdas

  1. Zat Besi

Nutrisi pertama yang bisa mendukung kecerdasan otak anak adalah kebutuhan akan zat besi. Zat besi ini berperan penting untuk membantu enzim dalam memperngaruhi aktifitas serta perangsangan pada saraf. Zat ini bisa memproduksi dan memelihara meilin yang sangat berpengaruh pada sistem kerja saraf. Oleh karena itu, para orang tua setidaknya menyediakan makanan yang mengandung zat besi seperti roti gandum atai sereal pada pagi hari, serta beberapa buah buahan, bisa buah jeruk, apel, papaya. Atau bisa juga memberikan menu makanan telur daging sapi, bayam, kacang hijau serta jagung.

  1. Vitamin B

Kebutuhan akan vitamin B juga harus terpenuhi untuk nutrisi agar otak anak cerdas. Vitamin B akan sangat membantu perkembangan pada otak anak serta bisa mengaktifkan fungsi otak. Otak yang berfungsi secara baik, pada akhirnya akan bisa meningkatkan memori, dan daya ingatan akan lebih tajam. Untuk para orang tua, sebaiknya masukkan makanan seperti daging, bayam maupun telur ke dalam menu makanan si kecil sehari harinya. Menu makan tersebut mengandung vitamin B kompleks yang tinggi.

  1. Asam Amino

Asam amino juga penting untuk mendukung anak menjadi jenius atau pintar. Pasalnya asam amino ini sangat berperan untuk membentuk struktur otak. Asam amino ini juga bermanfaat untuk menjaga keseimbangan pada sistem saraf pusat, dan penting juga menjadikan daya ingat otak anak semakin baik. Asam amino ini terdapat di susu, sereal, buah buahan seperti alpukat,biji labu, atau makanan daging ayam dan sapi juga kaya akan asam amino.

  1. AA Dan DHA

Kepanjangan dari nutrisi AA dan DHA ini adalah Arachidonic acid dan Docosahexanoid acid yang berperan penting untuk pertumbuhan sistem saraf pusat pada otak serta fungsi pengelihatan agar kecerdasan visual anak lebih tinggi. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi AA dan DHA ini yang merupakan jenis asam lemak essensial, ada pada susu formula. Susu untuk kecerdasan otak anak. Atau bisa anda menyajikan ikan tuna, ikan salmon atau sarden yang kaya akan AA dan DHA.

Beberapa informasi di atas mengenai nutrisi agar otak anak cerdas yang harus di penuhi para orang tua, bisa anda lakukan sejak dini, sebelum si kecil tumbuh dewasa dan akhirnya tidak terpenuhi nutrisinya.

Pramudya Ksatria Budiman

Seorang pemuda yang lahir pada tanggal 25 April 1999 namun bermuka tua. Gapapa, daripada bermuka dua. | Syatama Ginola ♥