Berbagai Jenis Amplop Surat dan Fungsinya

Surat menyurat kini memang sudah mula ditinggalkan dengan adanya surat elektrik yang tak memerlukan bantuan kantor pos untuk mengantarkannya. Namun bagi sebagian kalangan, surat menyurat tetap menjadi hal yang mengasyikkan sehingga tetap dilakukan meski sudah memiliki berbagai gadget canggih. Penggunaan surat juga masih menjadi cara utama untuk para orang tua yang tak terlalu mengenal penggunaan gadget. Selain surat pribadi, surat menyurat juga diperlukan untuk keperluan formal seperti melamar kerja maupun menyampaikan laporan pekerjaan serta dokumen penting. Meski keperluannya telah banyak berkurang namun baik kertas surat maupun amplop tetap diperlukan dan diproduksi untuk memenuhi kebutuhan mereka yang mempertahankan tradisi.

Berbagai Jenis Amplop Surat dan Fungsinya

Berbagai Jenis Amplop Surat dan Fungsinya

Tak mau kalah dengan surat elektrik, kini kertas surat dan juga pembungkus surat dibuat semenarik mungkin. Kini sudah banyak kertas surat berwarna-warni yang pas digunakan untuk keperluan pribadi. Bukan hanya warnanya yang menarik namun ada juga yang memberikan motif hingga gambar sebagai background tanpa memberi gangguan saat membaca tulisan di atasnya.

 Jenis kertas surat ini biasanya juga dijual satu paket dengan pembungkus suratnya yang juga memiliki warna atau motif serupa. Semakin banyak jenis kertas baik kertas surat bergaris maupun kertas putih untuk print dan fotokopi maka semakin banyak pula pembungkus surat atau dokumen yang diproduksi di pasaran.

Berikut ini adalah beberapa jenis pembungkus surat yang disesuaikan dengan tujuan penggunaannya sebagai pengetahuan bagi Anda agar tidak salah memilih jenis pembungkus surat atau amplop:

1.Pembungkus surat coklat besar ukuran A4 atau F4.

Karena ukurannya yang besar dan panjang, jenis pembungkus ini sering digunakan untuk mengirimkan dokumen dengan ukuran kertas yang sama. Selain dokumen, barang lain yang muat untuk dimasukkan ke dalamnya juga sering dijadikan isian terutama untuk keperluan pengiriman barang melalui ekspedisi. Ada beberapa jenis pembungkus coklat panjang ini yaitu yang penutupnya menggunakan lem dan tali. Jenis ini juga paling banyak digunakan untuk membandel dan mengirimkan berkas surat lamaran kerja.

2. Pembungkus coklat ukuran kecil.

Berukuran lebih kecil yaitu A5 dan ada juga yang berukuran 10x 21cm. Keperluannya masih bersifat formal seperti untuk mengirimkan kuitansi atau surat jalan. Seringkali digunakan sebagai pembungkus surat resmi suatu instansi pemerintahan atau swasta.

3. Putih kecil.

Pembungkus surat berwarna putih dengan ukuran kecil umumnya digunakan untuk membungkus surat pribadi. Masyarakat kalangan menengah ke bawah juga sering menggunakannya untuk membungkus uang sumbangan ketika ada acara resepsi.

4. Pembungkus surat warna-warni.

Hanya cocok untuk menyampaikan surat pribadi atau surat untuk tema seumur. Jenis pembungkus ini bukanlah formal dan sangat tidak sopan untuk digunakan dalam kegiatan formal. Biasanya pembungkus surat ini dijual satu paket dengan kertas surat yang memiliki warna atau motif serupa.

5. Pembungkus plastic/map.

Selain pembungkus surat dari bahan kertas, ada juga pembungkus surat dari plastic. Pembungkus surat ini biasa disebut map karena memiliki ketebalan yang lebih sehingga bisa digunakan untuk menyimpan dan membendel lebih banyak berkas.

Itulah beberapa jenis amplop yang ada di pasaran dan kegunaannya. Dari masing-masing jenis tersebut, masih banyak lagi variasi tipenya yang bisa Anda sesuaikan lagi dengan kebutuhan atau ukuran kertas yang Anda gunakan. Untuk mendapatkan jenis pembungkus surat yang sesuai dengan selera Anda, carilah di situs belanja online atau toko online yang menjual pernak-pernik kertas. Sebaiknya membeli dalam jumlah banyak sekaligus agar harga jual yang didapatkan semakin terjangkau.

Kata kunci:

  • jenis amplop dan fungsinya

Pramudya Ksatria Budiman

Seorang pemuda yang lahir pada tanggal 25 April 1999 namun bermuka tua. Gapapa, daripada bermuka dua. | Syatama Ginola ♥