Dukung Perekonomian Bangsa Melalui Perkembangan Bank Digital

Banyak bank yang menawarkan keunggulannya masing-masing saat ini. Mereka berlomba-lomba untuk memikat hati nasabah untuk bisa menggunakan layanannya. Merupakan suatu tantangan tersendiri untuk berkompetisi secara sehat mendapatkan banyak nasabah. Maka, sekarang ini muncul inovasi baru yang semua bank sedang jalankan, yaitu layanan bank digital.

Perkembangan Bank Digital

Perkembangan Bank Digital

“Pemanfaatan teknologi digital secara optimal, diyakini dapat meningkatkan efisiensi pada industri perbankan, yang pada akhirnya dapat menurunkan suku bunga,” kata Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Nelson Tampubolon dalam pembukaan Diskusi OJK mengenai Digital Banking di Jakarta. Namun, ada beberapa tantangan yang dihadapi seperti bagaimana masyarakat dapat menggunakan layanan bank digital melalui teknologi yang ada saat ini dengan baik dan maksimal. Dalam dunia perekonomian digital, industri perbankan, teknologi, dan telekomunikasi erat kaitannya untuk menciptakan kelancaran dalam menggunakan layanan bank digital.

Maka dari itu, OJK telah membuat tim khusus untuk menangani dan memberikan guideline tentang penerapan bank digital agar semakin terarah. Tim khusus yang disebut dengan task force ini merupakan bentuk keseriusan dalam menanggapi perkembangan teknologi yang ada, khususnya yang terjadi pada dunia perekonomian. Untuk mendukung percepatan pelayanan serta efisiensi yang ada pada bank digital, maka tim task force juga harus bekerja cepat.

Selain itu, untuk mengembangkan layanan bank digital, perbankan juga perlu menyiapkan infrastruktur yang mumpuni, tenaga ahli dari Teknik Informasi (TI) yang andal, serta memperhatikan standardisasi, dan keamanan bagi data-data para nasabah.

Saat ini kemajuan bank digital dapat terus dimanfaatkan dan selalu diawasi oleh pihak yang berwenang sehingga keamanannya terjaga. Yuk, dukung kemajuan perekonomian digital bangsa!

Pramudya Ksatria Budiman

Seorang Blogger dari Purwokerto.